Oke teman - teman sekalian kemarin saya berjanji untuk membahas tentang iklan yang kreatif dan efektif dalam menentuka iklan. Naaah yang saya mau bahas sekarang adalah tentang "Daya Tarik Informatif / Rasional". langsung aja cekidot..
Apasih daya tarik informatif / rasional itu ?
Daya tarik informatif / rasional menekanakan pada pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap aspek praktis, fungsional, dan kegunaan suatu produk dan juga menekankan pada atribut yang dimiliki atau manfaat juga bisa di katakan apa manfaat atau alasan untuk menggunakan produk tersebut. Jadi intinya adalah berusaha memberikan informasi tentang apa yang dimiliki produk agar mereka mau membeli priduk kita.
Biasanya informasi yang diberikan merupakan informasi tentang ke unggulan produk yang memiliki fakta kebenarannya. Daya tarik tersebut dapat berupa aspek atribut, kenyamanan keuntungan yang kompetitif, berita, daya tarik popularitas produk dan lain lain.
Nah sekarang coba kita bahas satu - satu tentang aspek diatas yuk..
Daya tarik atribut
menekankan atau fokus pada sifat atau kualitas tertentu yang dimiliki suatu barang atau jasa. Iklan jensi ini biasanya menyajikan banyak informasi ( berifat normatif ) tujuan adalah membujuk konsumen agar mereka tertarik dan membeli dengan berdasarkan pertimbangan rasional.
Daya tarik keunggulan / keuntungan kompetitif
dengan membandikan produk secara langsung ataupun tidak langsung, biasanya produknya memiliki perbandingan keunggulan dari produk yang di bandingkan.
Daya tarik harga
menjadikan iklan sebagai faktor dominan pada iklan.
Daya tarik berita
Iklan yang menggunakan berita atau media massa mengenai produk yang bersangkutan dalam iklan untuk menarik perhatian konsumen. Biasanya ini dilakukan pada produk baru atau menginformasikan konsumen tentang perbaikan / modifikasi produk.
Daya tarik popularitas
menampilkan ketenaran suatu barang atau jasa dengan menampilakan sebuah tokoh atau seorang ahli untuk merekomendasikan produk yang bersangkutan. atau bisa juga ketika produk itu sudah memimpin pasar membujuk konsumen agar mereka mempertimbangkan produk no 2 atau merk lain.
Sekian dulu deh ya, gak terasa udah jam 2 malam saatnya tidur dan beraktifitas untuk senin besok hehehe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar